Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 Bab 3

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اللهم صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ RANGKUMAN SEJARAH INDONESIA Jepang dikatakan sebaga...


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اللهم صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

RANGKUMAN SEJARAH INDONESIA

Jepang dikatakan sebagai “negara tertutup” atau “isolated country”. Ketertutupan Jepang pada dunia luar terutama disebabkan oleh pemerintahan sipil shogunate yang bersifat tangan besi dan otoriter. Para shogun ini berkuasa di Jepang selama hampir 1000 tahun (1192-1867). Para shogun ini biasanya berasal dari klan keluarga (daimyo) yang mempunyai pengaruh dan mengontrol suatu daerah. Klan-klan keluarga dengan shogun sebagai pemimpin perangnya saling berebut kekuasaan di Jepang. Sedangkan Kaisar "diasingkan" dengan diberi hak hanya sebagai pemimpin negara saja. Selama hampir 1000 tahun itu mereka berkuasa secara otoriter dan bisa dikatakan sebagai semacam diktator tradisional, sistem kediktatoran asli buatan Jepang. Shogun pertama dengan kekuasaan penuh adalah Minamoto no Yoshinaka dari klan Yoritomo (1192). Dia diberi gelar oleh kaisar Jepang sebagai Sei-i-Tai Shogun yang artinya kira-kira "Jenderal Besar yang Mengalahkan Orang Barbar di Timur". Orang Barbar yang dimaksud di sini adalah suku asli Ainu yang mendiami sisi timur Jepang.

Pada tahun 1603, Tokugawa Ieyasu diangkat sebagai shogun. Pemerintahan militer yang didirikan Ieyasu di Edo (kini Tokyo) ini disebut Keshogunan Tokugawa. Keshogunan Tokugawa curiga terhadap kegiatan misionaris Katolik, dan melarang segala hubungan dengan orang-orang Eropa.

Pada tahun 1639, Keshogunan Tokugawa mulai menjalankan kebijakan sakoku ("negara tertutup") yang berlangsung selama dua setengah abad yang disebut periode Edo.

Pada tahun 1637-1638, shogun memerintahkan pembantaian pedagang-pedagang barat dan misionaris serta pemeluk Kristen di seluruh Jepang. Ini makin membuat Jepang makin terisolasi dengan menutup dirinya dari pengaruh luar. Tekanan-tekanan dari Barat saat itu menuntut Jepang dibuka untuk perdagangan.

Pada 31 Maret 1854, Komodor Matthew Perry dan 4 "Kapal Hitam" Angkatan Laut Amerika Serikat memasuki Edo dan sedikit "show off" kekuatan militernya. Ia mengarahkan semua meriam kapalnya ke arah Edo. Sehingga Jepang terpaksa membuka diri terhadap Dunia Barat melalui Persetujuan Kanagawa. Jadi untuk pertama kalinya dalam sejarah (sebelum PD II) kapal-kapal perang AS mengancam dan mengarahkan meriamnya ke Tokyo pada saat membuka isolasi Jepang tersebut oleh Perry. Dari sini kemudian isolasi Jepang dibuka dan dari sini pula rakyat Jepang melihat dan menerima peradaban Barat secara luas. Shogunate menjadi tidak laku karena dianggap terlalu feodal dan kuno.

Kalangan samurai menganggap Keshogunan Tokugawa sudah melemah, dan mengadakan pemberontakan hingga pecah Perang Boshin tahun 1867-1868. Perang Boshin adalah perang saudara di Jepang dari tahun 1868 hingga 1869 antara Keshogunan Tokugawa dan faksi yang ingin mengembalikan kekuasaan politik ke tangan kekaisaran.

Setelah Keshogunan Tokugawa ditumbangkan, kekuasaan dikembalikan ke tangan kaisar (Restorasi Meiji). Semasa Restorasi Meiji, Jepang mengadopsi sistem politik, hukum, dan militer dari Dunia Barat. Restorasi Meiji mengubah Kekaisaran Jepang menjadi negara industri modern dan sekaligus kekuatan militer dunia yang menimbulkan konflik militer ketika berusaha memperluas pengaruh teritorial di Asia. Setelah mengalahkan Tiongkok dalam Perang Tiongkok-Jepang dan Rusia dalam Perang Rusia-Jepang, Jepang menguasai Taiwan, separuh dari Sakhalin, dan Korea.

Perang Tiongkok-Jepang (1 Agustus 1894–17 April 1895) adalah sebuah perang antara Dinasti Qing Tiongkok dan Meiji Jepang dalam perebutan kendali atas Korea.

Perang Rusia-Jepang (10 Februari 1904 – 5 September 1905) adalah konflik yang sangat berdarah yang tumbuh dari persaingan antara ambisi imperialis Rusia dan Jepang di Manchuria dan Korea.

Pada tahun 1936, Jepang menandatangani Pakta Anti-Komintern dengan Jerman Nazi, dan bergabung bersama Jerman dan Italia membentuk Blok Poros pada tahun 1941.

Pada tahun 1937, invasi Jepang ke Manchuria memicu terjadinya Perang Tiongkok-Jepang Kedua (1937-1945) yang membuat Jepang dikenakan embargo minyak oleh Amerika Serikat. Pada 7 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, dan menyatakan perang terhadap Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda. Serangan Pearl Harbor menyeret AS ke dalam Perang Dunia II. Setelah kampanye militer yang panjang di Samudra Pasifik, Jepang kehilangan wilayah-wilayah yang dimilikinya pada awal perang. Amerika Serikat melakukan pengeboman strategis terhadap Tokyo, Osaka dan kota-kota besar lainnya. Setelah AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945 (Hari Kemenangan atas Jepang).

COMMENTS

Nama

Android,5,Aplikasi Android,4,Berita,2,Film,1,Game,7,Godot Engine,3,Internet Gratis,2,Musik,5,Pelajaran,6,Sejarah,6,Software,11,Software Windows,10,Teknologi,5,Windows,3,
ltr
item
SatuPiksel - Software, Komputer, & Internet: Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 Bab 3
Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 1 Bab 3
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn6PX6EuqQDpg1C6E67gbdewpDa7PeJkUgW7v70yy0XQ1fGSuF_-YxGp9dvqFDTZVks-zDZA4qlAT3XRCsjt-t4hyphenhyphen-AgRdN5oh7XDnNNRIzDod2PXWjhjaYrufyVclebVAtMzQ0-EU5k0/s1600/restorasi+meiji.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn6PX6EuqQDpg1C6E67gbdewpDa7PeJkUgW7v70yy0XQ1fGSuF_-YxGp9dvqFDTZVks-zDZA4qlAT3XRCsjt-t4hyphenhyphen-AgRdN5oh7XDnNNRIzDod2PXWjhjaYrufyVclebVAtMzQ0-EU5k0/s72-c/restorasi+meiji.jpg
SatuPiksel - Software, Komputer, & Internet
https://satupiksel.blogspot.com/2017/11/sejarah-indonesia-kelas-xi-semester-ganjil-bab-3.html
https://satupiksel.blogspot.com/
https://satupiksel.blogspot.com/
https://satupiksel.blogspot.com/2017/11/sejarah-indonesia-kelas-xi-semester-ganjil-bab-3.html
true
7237401354705237021
UTF-8
Semua Posting Termuat Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTING Lihat Semua DISARANKAN UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA POSTING Tidak ditemukan posting apapun yang cocok permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI PREMIUM Silakan bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C dengan Mac) untuk menyalin