Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman GDScript (Godot Engine)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Mustahil kita bisa membuat software seperti yang kita inginkan tanpa menggunakan bahasa...


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Mustahil kita bisa membuat software seperti yang kita inginkan tanpa menggunakan bahasa pemrograman, termasuk game. Pada kesempatan kali ini, saya akan share dasar-dasar GDSript. Bahasa pemrograman ini digunakan dalam mesin game open source yang sangat hebat, yaitu Godot Engine. Bahasa ini mirip sekali dengan Lua dan Python. Berikut penjelasan lengkapnya.

GDScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang diketik secara dinamis yang digunakan untuk membuat konten. Ini menggunakan sintaksis yang mirip dengan Python (blok berbasis indent dan banyak kata kunci serupa). Tujuannya adalah untuk dioptimalkan dan diintegrasikan dengan Godot Engine, memungkinkan fleksibilitas yang besar untuk pembuatan dan integrasi konten.

Sebelum melanjutkan, bagi yang belum punya Godot Engine, silakan download terlebih dahulu di situs resminya (https://godotengine.org/download).

Variabel

Untuk membuat variabel, kita bisa mengetik:
var(spasi)nama_variabel

Nama variabel gak boleh ada spasi. Kalo mau memisahkan kata bisa pakai "_" (jangan pakai "-", karena itu untuk pengurangan). Berikut contohnya.
var koin

var peluru_karet

var peluru_tajam


Data

Data dapat berupa:
• null (kosong, tidak ada)
• boolean (true atau false), benar atau salah
• integer (bilangan bulat), hanya bilangan bulat (bukan desimal), baik positif maupun negatif
• float, bilangan yang bisa pecahan / desimal
• string (tulisan), penulisannya dengan tanda kutip (")
Dan masih banyak lagi.

Untuk memberi data pada variabel, tulis seperti ini:
var nama_variabel = data

Contoh:
var koin = 0

var peluru_karet = 15

var peluru_tajam = 5


Fungsi

Untuk membuat fungsi, tulis seperti ini:
nama_fungsi():

Di dalam tanda kurung dapat diisi variabel, nanti akan saya jelaskan.

Fungsi Default

Di Godot, ada beberapa fungsi default, yaitu fungsi-fungsi yang dipanggil secara otomatis.

Fungsi _ready() dipanggil satu kali ketika node beserta anak-anaknya sudah masuk ke scene tree. Selain _ready(), masih banyak fungsi default lainnya, seperti _enter_tree, _exit_tree, _process, _physics_process, dll. (akan saya jelaskan nanti)

Memanggil Fungsi

Untuk memanggil fungsi caranya sangat simpel, seperti ini:
nama_fungsi()
Contoh:
_ready():

 kosongkan_peluru()

Ketika fungsi _ready() terpanggil, maka fungsi kosongkan_peluru() juga akan terpanggil.

Menampilkan Data Variabel

Untuk menampilkan data dari suatu variabel, kita bisa menggunakan fungsi print(). Caranya seperti berikut ini:
print(nama_fungsi)

Contoh:
_ready():

 print(peluru_karet)


Operator

+ penjumlahan
- pengurangan
* perkalian
/ pembagian
= menentukan nilai
+= menentukan nilai dengan penjumlahan
-= menentukan nilai dengan pengurangan
*= menentukan nilai dengan perkalian
/= menentukan nilai dengan pembagian
Masih banyak lagi, untuk lebih lengkapnya di https://docs.godotengine.org/en/latest/getting_started/scripting/gdscript/gdscript_basics.html .

Perhatikan contoh-contoh di bawah ini!

var peluru_karet = 15

var peluru_tajam = 5

var total_peluru = peluru_karet + peluru_tajam

print(total_peluru)
Script di atas akan menampilkan hasil penjumlahan dari data variabel peluru_karet dan peluru_tajam, yaitu 20.

tembak():

 peluru_karet =- 1

Ketika fungsi tembak() terpanggil, data variabel peluru_karet akan berkurang 1.

tambah_koin():

 koin += 1

Ketika fungsi tambah_koin() terpanggil, data variabel koin akan bertambah 1.

Artikel ini belum selesai, masih banyak yang perlu ditulis di sini, insya Allah akan segera saya lanjutkan.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

COMMENTS

Nama

Android,5,Aplikasi Android,4,Berita,2,Film,1,Game,7,Godot Engine,3,Internet Gratis,2,Musik,5,Pelajaran,6,Sejarah,6,Software,11,Software Windows,10,Teknologi,5,Windows,3,
ltr
item
SatuPiksel - Software, Komputer, & Internet: Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman GDScript (Godot Engine)
Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman GDScript (Godot Engine)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjSHvmrDOmDnYHQ50C602iNHEgGyXy_xKOGOWLa5RrXUO50tYPBrfYzkgogqpr9Q9MeHUux5nnUd1kw9TduAK6BfKzs7ybpLN4ZEUr8ogGxmDlIGVV2B_9hGwJs6_nZES12MIsbhJhBfk/s640/Godot+Engine+-+Al-Mundzir+Animation+Maker+-+AlMundzir.tscn+28_04_2019+15.38.32.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjSHvmrDOmDnYHQ50C602iNHEgGyXy_xKOGOWLa5RrXUO50tYPBrfYzkgogqpr9Q9MeHUux5nnUd1kw9TduAK6BfKzs7ybpLN4ZEUr8ogGxmDlIGVV2B_9hGwJs6_nZES12MIsbhJhBfk/s72-c/Godot+Engine+-+Al-Mundzir+Animation+Maker+-+AlMundzir.tscn+28_04_2019+15.38.32.png
SatuPiksel - Software, Komputer, & Internet
https://satupiksel.blogspot.com/2019/04/dasar-dasar-gdscript-godot-engine.html
https://satupiksel.blogspot.com/
https://satupiksel.blogspot.com/
https://satupiksel.blogspot.com/2019/04/dasar-dasar-gdscript-godot-engine.html
true
7237401354705237021
UTF-8
Semua Posting Termuat Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTING Lihat Semua DISARANKAN UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA POSTING Tidak ditemukan posting apapun yang cocok permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI PREMIUM Silakan bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C dengan Mac) untuk menyalin