Semua yang Baru di Android O: Fitur dan Perubahan

Google baru saja merilis developer preview Android O kedua selama Google I/O. Seperti tahun lalu, Google menurunkan  preview  pertama un...


Google baru saja merilis developer preview Android O kedua selama Google I/O. Seperti tahun lalu, Google menurunkan preview pertama untuk versi Android yang akan datang beberapa bulan ke depan I/O. Pos berikut ini terbagi antara semua fitur Android O baru di dev preview kedua, diikuti dengan yang baru di initial alpha preview di babak kedua.

Update: Seiring dengan Google I/O, gambar rilis Android O beta terbaru sekarang tersedia, diluncurkan ke ponsel program beta sekarang.

Jadwal rilis Android O

Peluncuran Android O akhirnya akan menjadi Android 8.0 <masukkan nama makanan pencuci mulut O di sini>. Google telah membagikan garis waktu untuk peluncuran setiap preview yang dibuat dengan developer preview kedua yang sampai pada Google I/O seperti yang diharapkan, dan yang ketiga akan dimulai pada pertengahan Juni dan yang keempat pada pertengahan Juli. Versi publik Android 8.0 akan diluncurkan untuk perangkat Pixel, Nexus, dan Android One yang didukung pada kuartal ketiga, kemungkinan besar pada akhir Agustus atau awal September.


TL;DR

Sebagian besar perubahan visual utama di Android O diasingkan ke menu setelan yang didesain ulang, namun ada sedikit tweak kecil di tempat lain di UI seperti di bayangan pemberitahuan. Desain Material masih merupakan pesanan hari ini karena Android O berfokus pada perubahan latar belakang penting seperti saluran notifikasi untuk memberikan kontrol yang lebih besar terhadap sistem Android.

Beberapa fitur lama yang ditunggu-tunggu seperti mode gambar-dalam-gambar dan lencana aplikasi pemberitahuan yang belum dibaca akhirnya mendarat sementara beberapa fitur baru seperti dukungan audio Bluetooth yang lebih baik dan ikon adaptif merupakan tambahan yang disambut baik. Masih hari-hari awal, tapi Android O sudah terlihat penuh fitur.

Yang baru di developer preview Android O 2:

Fluid Experiences

Diumumkan pada Google I/O 2017, Fluid Experiences adalah cara Google untuk membantu Anda menjadi lebih produktif dan menikmati alat multi-tasking dalam penggunaan sehari-hari Anda.

TensorFlow Lite adalah versi baru dari alat pembelajaran mesin Google, Tensor Flow. Alat baru ini membantu perangkat bertenaga rendah agar sesuai dengan proses yang menuntut saat ini. TensorFlow Lite menggunakan teknik seperti LSTM untuk meningkatkan pengalaman Anda. Android O memiliki kerangka kerja baru dari Android, perangkat keras akan mempercepat fitur jaringan syaraf tiruan, membantu beberapa komponen AI di perangkat, menghindari kebutuhan untuk menemukan server online untuk menghitung hal-hal seperti tindakan pada pilihan teks. Perhatikan fitur ini di update selanjutnya ke Android O.


Sebenarnya ada beberapa alat keren dalam pengelompokan ini, termasuk Picture-in-Picture, Seleksi Teks Pintar, Titik Isi Otomatis dan Pemberitahuan dengan tindakan lama di Homescreen. Mari jelajahi:

Picture-in-Picture

Ungkapan dan alat yang familiar di banyak televisi, dalam aplikasi YouTube di Android dan, ya, di iOS. Google menambahkan mode Picture-in-Picture ke Android O. Dengan pemutaran video YouTube, cukup ketuk tombol Home dan video akan masuk ke jendela kecil yang dapat tetap berada di layar saat Anda menavigasi aplikasi lain di perangkat. Anda dapat menggeser video sekitar untuk penempatan terbaik, lalu cukup geser dari layar untuk mengakhiri. Tersedia sekarang di Android O Beta.

Titik pemberitahuan

Banyak pengguna Peluncur ubahsuaian sudah mengetahui kekuatan ikon notifikasi di atas ikon aplikasi di Homescreen Anda. Kami bahkan menggunakan Tasker untuk membangunnya sendiri dulu, tapi sekarang Google membangunnya ke Android. Pengguna Android O akan melihat titik kecil yang muncul di atas ikon aplikasi mereka dengan pemberitahuan aktif. Di sinilah keajaiban dimulai, karena aplikasi Anda memiliki ikon, alat baru tersedia - Tekan lama ikon aplikasi dengan Notifikasi Dot untuk mendapatkan daftar pendek tindakan singkat yang dapat Anda lakukan. Ini termasuk melihat pemberitahuan itu sendiri di sana di jendela pop-up mungil.

Fungsi pers lama belum tersedia di Android O, perhatikan segera dalam rilis beta yang akan datang.


Seleksi Teks Pintar

Kita semua pernah melihat fitur penyempitan teks dasar, dialog salin/tempel di Android, tapi sekarang masih ada lagi. Dengan Android O, menyoroti teks mencakup fitur lebih lanjut, menggunakan Google AI untuk bertindak cerdas berdasarkan kata-kata. Misalnya, jika Anda menyoroti nomor telepon, Anda hanya dapat menekan untuk memanggil. Jika Anda menyorot alamat, satu ketukan akan memulai navigasi. Yang terbaik, penyorotan lebih cerdas itu sendiri, memilih ungkapan atau alamat lengkap, misalnya, bukan hanya satu kata.


Isi Otomatis

Untuk aplikasi yang paling sering digunakan di perangkat Anda, Android O akan membantu dengan cepat masuk ke layanan. Fitur Isi Otomatis perlu dikodekan oleh pengembang aplikasi, namun begitu dipasang, Android O akan mengingat nama pengguna Anda, dan dalam beberapa kasus, kata sandi Anda, dengan cepat dan mudah beralih ke aplikasi di perangkat Anda.


Nantikan liputan lebih lanjut tentang alat ini, lihat Penyelaman kami ke seri Android O untuk semua detailnya.

Vitals

Siapa yang menginginkan baterai lebih baik? Android O akan segera menyertakan fitur di bawah spanduk Vitals, termasuk alat keamanan, pengoptimalan dan alat OS untuk pengembang agar lebih baik menyesuaikan penggunaan perangkat Anda. Di Google I/O 2017, tim Android mengumumkan Google Play Protect, menganggapnya sebagai pemindai virus untuk aplikasi Android. Sejauh ini, tim melaporkan telah melakukan scan lebih dari 50 miliar pemasangan aplikasi setiap hari. Anda akan melihat entri di jendela pembaruan aplikasi Google Play Anda, menunjukkan pemindaian terbaru Anda dan jika ada masalah yang ditemukan.

Anda tidak akan melihat ini sebagai fitur pada perangkat Android O Anda, namun Anda akan menikmati masa pakai baterai dan keamanan yang lebih baik.

Optimalisasi di OS memiliki tim yang melaporkan bahwa perangkat Pixel telah booting hampir setengah waktu seperti sebelumnya. Kecepatan ini juga berlaku untuk aplikasi. Perubahan ekstensif pada runtime, termasuk hal-hal seperti pengumpulan sampah dan penempatan solid, dan dalam kasus Google, aplikasi Anda hanya berjalan lebih cepat. Lebih lanjut tentang ini nanti.

Wise Limits akan berlaku ke layanan latar belakang, sehingga aplikasi tidak terlalu lama berjalan di latar belakang. Tujuannya adalah untuk secara dramatis mengurangi konsumsi baterai, menjaga Anda dan berjalan sepanjang hari Anda.


Play Console Dashboard adalah alat pengembang baru yang menyediakan analisis tentang penggunaan perangkat aplikasi. Pengembang akan dapat melihat hasil live aplikasi mereka yang berjalan pada perangkat Android - ini mungkin tidak menghilangkan kebutuhan pengembang untuk menguji aplikasi mereka di sebagian besar telepon utama, namun pastinya akan membantu mereka mempersempit masalah jika perangkat bertindak. Yang terbaik, alat yang mendalam memberikan wawasan tentang bagaimana devs dapat menyesuaikan aplikasinya untuk mengurangi konsumsi baterai dan mempercepat eksekusi pada berbagai perangkat.

Anda jelas tidak akan melihat ini sebagai fitur pada perangkat Android O Anda, namun Anda pasti akan menikmati peningkatan kinerja.

Fitur baru ini dan yang lebih hebat diumumkan di Google I/O 2017.


Hal lainnya

Ada banyak hal lain yang perlu dicatat juga, tapi banyak yang belum bisa kita lihat efeknya. Android O menambahkan dukungan font sehingga pengembang aplikasi dapat menentukan gaya dan berat font. Ini bisa jadi pengembangan hebat atau clusterfont jika Anda mau memaafkan bahasa saya.

Kesadaran Wi-Fi memungkinkan perangkat atau aplikasi Android O Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat dan aplikasi lain di sekitar melalui Wi-Fi tanpa memerlukan koneksi internet yang sebenarnya. Ada juga beberapa pengoptimalan utama pada Android Run-Time (ART) yang bertanggung jawab untuk menangani aplikasi Anda dan WebView juga melihat beberapa penyempurnaan yang sepertinya tidak akan pernah Anda saksikan.

Yang baru di developer preview Android O 1:

Pemberitahuan teduh

Saat Anda menggesek bayangan pemberitahuan, Anda akan melihat perubahan visual pertama di Android O. Strip enam toggles di bagian atas bayangan pemberitahuan sekarang akan memakan lebih banyak ruang di layar dan ada sedikit pemesanan ulang dari Matikan di Android O sejak Nougat. Sebuah font kental baru untuk tanggal dan waktu berarti bahwa informasi memakan sedikit ruang, yang beruntung karena sekarang ada lebih banyak ikon bar status yang terlihat.

Sebuah font kental baru untuk tanggal dan waktu berarti bahwa informasi memakan sedikit ruang, yang beruntung karena sekarang ada lebih banyak ikon bar status yang terlihat.

Selain jalan pintas ke menu pengaturan dan carat Setelan Cepat (panah yang menghadap ke bawah), Anda sekarang juga mendapat ikon koneksi Wi-Fi dan seluler serta ikon baterai dan persentase yang tersisa (yang ditunjukkan di samping ikon baterai).

Sedangkan untuk notifikasi itu sendiri, mereka terlihat sama seperti di Nougat, lengkap dengan notifikasi yang dibundel dan balas cepat. Jika ada beberapa notifikasi, Anda akan melihat bahwa saat Anda menyeret pemberitahuan ke bawah, ikon mungil untuk setiap notifikasi muncul di garis horizontal di bagian bawah tempat teduh. Saat Anda menarik bayangan ke bawah, setiap ikon akan muncul dan berkembang menjadi pemberitahuan lengkap karena semakin banyak ruang layar yang tersedia.

Penanganan pemberitahuan

Sedangkan untuk penanganan notifikasi, ada beberapa hal yang biasa terjadi dan beberapa pilihan baru. Jika Anda lama meminta notifikasi, Anda akan melihat toggle notifikasi, yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan semua notifikasi masa depan dari aplikasi tersebut (bila saluran pemberitahuan dikenalkan sepenuhnya, Anda juga akan dapat mengaksesnya di sini, namun lebih banyak lagi di bawah ini).

Namun, jika Anda menggesek pemberitahuan ke samping sedikit, Anda akan melihat dua ikon: satu untuk mengakses notifikasi toggle dan ikon jam untuk menunda pemberitahuan. Jika Anda mengetuk jam, Anda akan tertunda secara otomatis selama 15 menit namun Anda dapat membuka menu tarik-turun untuk menunda tunda selama 30 atau 60 menit sebagai gantinya atau untuk menonaktifkan tiduran.

Setelan Cepat

Saat membuka layar Setelan Cepat, Anda akan melihat kami masih memiliki skema warna yang berbeda untuk Pixel dibandingkan dengan perangkat Nexus. Nexus mendapatkan latar belakang biru-abu-abu yang sama dengan aksen aqua sementara Pixels mempertahankan skema aksen biru yang hampir hitam dan terang.

Melihat Setelan Cepat itu sendiri, Google telah mengubah semuanya lagi. Di Android O, Setelan Cepat dengan garis di bawahnya (Wi-Fi, seluler, Bluetooth, Jangan Ganggu) memiliki fungsi ganda. Anda dapat mengetuk ikon untuk mengaktifkan dan menonaktifkan setelan, namun jika Anda menekan kata di bawah tombol, Anda akan membuka menu pengaturan mini.

Toggle yang tidak bergaris bawah hanya mengaktifkan fitur seperti senter atau siklus melalui mode seperti untuk penghemat data tidak peduli di mana Anda menyentuh mereka. Sama seperti di Nougat, Anda dapat mengetuk ikon pena untuk mengedit urutan Setelan Cepat atau menambahkan halaman lain dan Anda memiliki cara pintas yang sama untuk menambahkan tamu atau beralih di antara akun pengguna.

Android O akhirnya menambahkan dukungan asli untuk lencana aplikasi.

Lencana aplikasi

Android O akhirnya menambahkan dukungan asli untuk lencana aplikasi. Mereka adalah gelembung nomor kecil yang muncul di ikon aplikasi untuk menunjukkan jumlah pemberitahuan yang belum dibaca dan merupakan fitur peluncur ubahsuaian lainnya yang diserap ke dalam stok Android. Tentu saja, Anda akan memiliki kontrol penuh atas hal ini di jentik pengalihan di setelan pemberitahuan aplikasi individual.


Menu Setelan

Menu Setelan adalah tempat sebagian besar perubahan visual terlihat berlangsung di rilis Android O. Sebagai permulaan ada skema warna baru: Perangkat Pixel dan Nexus mendapatkan pendekatan hitam putih namun Anda tetap dapat melihat nada biru masing-masing yang digunakan untuk aksen di sana sini.

Menu Setelan itu sendiri telah menerima sedikit perombakan juga. Saya tidak akan membuat Anda bosan dengan bagian mana yang pindah ke bagian mana, jadi lihatlah tangkapan layar di bawah ini untuk dilihat sendiri. Ikon panel navigasi dan ikon menu geser telah diluncurkan dalam developer preview ini.

Perubahan besar pada Android O adalah bahwa menu Setelan jauh lebih pendek daripada di Nougat, tanpa kategori payung seperti "wireless and networks," "device," "personal" dan "system". Sebagai gantinya, Android O memiliki bagian yang lebih deskriptif yang mencakup lebih banyak tempat, seperti "jaringan dan internet", "perangkat yang terhubung," "aplikasi dan notifikasi" dan "keamanan dan kunci layar".


Secara umum, semuanya berada di tempat yang sama, namun beberapa perubahan terlihat. Sebagai permulaan, pada pengaturan Display, perangkat Pixel memiliki opsi untuk "tema perangkat" dengan dua pilihan: Inverted or Pixel. Dari apa yang bisa kita lihat sekarang, semua ini dilakukan adalah mengubah area Setelan Cepat dari terang ke gelap namun bisa berkembang menjadi tema gelap lebar yang ditunggu-tunggu di developer preview selanjutnya.

Perangkat Pixel memiliki opsi untuk "tema perangkat" yang mungkin berkembang menjadi tema gelap sistem lengkap di Android 8.0.

Pixel juga menampilkan Night Light di pengaturan Display sementara Nexus tidak. Seperti yang mungkin Anda ingat, mode malam membuat tampilan singkat pada perangkat Nexus di preview N Android dibangun, namun kemudian dihapus karena gagal memenuhi standar kinerja Google. Mode gelap, sementara itu, awalnya muncul di preview Android M dan Android N, namun masih belum sampai ke prime time pada perangkat apa pun.

Sebagian besar sub-bagian pada menu Settings juga telah dirombak secara visual. Bagian baterai dan penyimpanan semuanya baru dan halaman info aplikasi memiliki tampilan baru juga. Sejumlah besar barang telah dipindahkan ke bagian Sistem, termasuk bahasa dan masukan, tanggal dan waktu, pembaruan, tentang opsi telepon dan cadangan dan istirahat.

Semua yang Anda tahu dari Nougat ada di sini, tapi Anda harus menggali untuk menemukannya.

Hampir semua yang Anda ketahui dari Nougat masih ada di Android O, namun Anda harus menggali untuk menemukan tempat tinggal sekarang. Di sisi positifnya, saya harus mengucapkan selamat kepada Google karena akhirnya sepertinya bisa mendapatkan sesuatu ke tempat dan pengelompokkan yang masuk akal, tanpa menghancurkan semuanya menjadi daftar yang tak berkesudahan.

Sistem UI Tuner

Seperti Nougat, Anda dapat mengaktifkan System UI Tuner untuk men-tweak hal-hal tertentu di Android O sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Untuk mengaktifkan UI Tuner, geser ke bawah naungan notifikasi atau Quick Settings dan tekan lama ikon gear Settings. Anda akan melihatnya berputar dan merasakan getaran saat opsi telah ditambahkan ke menu Setelan.

Status bar

Di Android O, System UI Tuner sekarang hidup di bawah Settings> System. Ini berisi empat area (untuk saat ini): status bar, tidak mengganggu, navigation bar dan lock screen. Bilah status masih menyediakan daftar toggles untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ikon yang Anda lihat di bilah status, sehingga Anda dapat menghapus ikon Bluetooth atau hotspot yang persisten jika Anda menginginkannya.

Pilihan untuk menampilkan persentase baterai di dalam ikon baterai, yang merupakan pilihan Tuner Sistem UI di Nougat, sudah tidak tersedia lagi. Mengaktifkan "Selalu tampilkan persentase" di Android O akan menjaga persentase baterai tetap terlihat setiap saat di bilah status, namun akan ditempatkan di samping ikon baterai, seperti pada tampilan Setelan Cepat.


Jangan ganggu

Jangan ganggu hanya menunjukkan dua toggle: satu untuk mengaktifkan mode "jangan ganggu" toggle di bawah slider volume dan satu lagi untuk menambahkan tombol pintasan volume jadi "jangan ganggu" akan menyala saat Anda menekan tombol volume bawah sekali lagi setelah getaran saja.

Bar navigasi

Berikutnya adalah bilah navigasi, yang menambahkan sekumpulan opsi keren di Android O. Ada opsi tata letak yang memungkinkan Anda memilih antara yang normal, kompak, bersandar kiri atau bersandar kanan (yang akan berguna untuk perangkat berlayar besar).


Anda juga dapat menambahkan tombol tambahan di sebelah kiri dan kanan tombol navigasi di layar biasa. Anda bisa memilih antara clipboard, keycode atau keyboard switcher. Clipboard memungkinkan Anda menyimpan sesuatu ke clipboard dan kemudian menyeretnya dari tombol di nav bar di manapun Anda ingin menjatuhkannya: tip yang sangat praktis untuk email, nomor telepon dan lainnya sering menyalin barang yang disisipkan.

Pengalih keyboard tidak berfungsi lagi namun Keycode memungkinkan Anda menetapkan kode kunci numerik ke tombol yang dapat Anda tempatkan di kedua sisi tombol nav. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan tombol kursor kiri dan kanan untuk memindahkan satu karakter ke kiri atau kanan daripada menikam layar dengan jari Anda dengan canggung, kemudian aturlah Keycode 21 ke tombol kiri dan Keycode 22 ke kanan. Anda kemudian dapat menetapkan mereka tombol panah kiri dan kanan dan mulai mengedit kesalahan ejaan Anda seperti pro. Ada banyak hal keren lainnya yang bisa Anda lakukan yang bisa Anda baca di sini.

Anda dapat menambahkan tombol tambahan di sebelah kiri dan kanan tombol navigasi di layar tradisional di Android O.

Layar kunci

Layar kunci di Android O terlihat sama seperti di Nougat namun Anda memiliki pilihan yang terkubur di System UI Tuner untuk mencampuradukkan semuanya. Daripada jalan pintas di sudut kiri dan kanan bawah untuk bantuan suara dan kamera, Anda dapat mengubahnya menjadi apapun yang Anda suka. Daftar pilihan sangat besar, membuat kami berpikir itu adalah fitur Android 8.0 yang pasti.

Karena kita berbicara tentang layar kunci, Ambient Display juga telah direvisi. Meskipun ini lebih dari sekedar hanya masalah developer preview, sebagian besar waktu Ambient Display hanya akan menampilkan jam dan beberapa ikon aplikasi kecil untuk pemberitahuan yang menunggu Anda. Dengan beberapa notifikasi aplikasi, seperti Hangouts misalnya, Anda akan melihat lebih banyak informasi yang ditampilkan, namun hanya saat pemberitahuan pertama kali masuk.


Perubahan, penambahan dan kelalaian secara acak:
  • Easter Egg adalah permainan penangkapan kucing yang sama dari Android Nougat
  • Aplikasi Unduhan hilang, digantikan oleh aplikasi File baru
  • Bagian Memori sekarang telah diturunkan ke Opsi Pengembang
  • Jika Anda terdaftar dalam program beta Anda akan selalu melihat pemberitahuan update untuk memutar kembali ke Nougat

Seperti Android TV, Android O akan memberikan dukungan penuh untuk mode picture-in-picture.

Dukungan Picture-in-picture

Seperti Android TV, Android O akan memberikan dukungan penuh untuk mode picture-in-picture. Anda sudah terbiasa dengan hal ini di aplikasi YouTube, namun saat diterapkan di seluruh papan, pengembang aplikasi dapat terus memainkan aplikasi video mereka di jendela apung kecil saat Anda menavigasi ke area aplikasi lain atau ke Sama sekali berbeda aplikasi seluruhnya Android O akan memiliki dukungan untuk kontrol khusus seperti jeda dan bermain dan pengembang akan dapat mengatur rasio aspek yang lebih disukai.

Audio

Sony menyumbangkan codec LDAC mereka ke Google untuk disertakan di Android O. Itu berarti jika Anda memiliki headphone Bluetooth yang dilengkapi LDAC, Anda akan mendapatkan kualitas yang jauh lebih baik di Android 8.0. Tapi yang menyenangkan tidak hanya terbatas pada LDAC, Android O juga memiliki dukungan untuk aptX dan aptX HD serta SBC dan AAC. Ada juga pengaturan untuk tingkat sampel audio dan bit per sampel juga, ditambah Android O menambahkan API AAudio asli untuk aplikasi yang memerlukan kesetiaan tinggi, audio latensi rendah.


Saluran pemberitahuan

Ini belum tersebar luas di Android O, namun saluran pemberitahuan adalah cara bagi aplikasi untuk membagi pemberitahuan mereka ke dalam berbagai tema yang dapat Anda pilih untuk dilewati atau dicekal secara terpisah. Jadi, alih-alih memilih menerima beberapa notifikasi dari Twitter setiap hari atau tidak sama sekali, saluran notifikasi akan memungkinkan Anda untuk melewati saluran balasan langsung, misalnya, tapi suka blokir dan retweet.

Anda dapat mengelolanya dengan cepat dengan menekan lama pemberitahuan aplikasi di bawah naungan notifikasi atau melalui bagian aplikasi dan notifikasi individual di menu setelan.

Saluran pemberitahuan adalah cara bagi aplikasi untuk membagi pemberitahuan mereka ke dalam berbagai tema yang dapat Anda pilih untuk dilewati atau dicekal secara terpisah.


Dukungan keyboard fisik

Keyboard perangkat keras akan menjadi hal yang lebih besar dan lebih besar di Android karena Chromebook sekarang memiliki akses ke semua aplikasi Google Play dan platform Andromeda yang misterius terus mengintai di bawah bayang-bayang. Meskipun kami tidak dapat menguji dukungan navigasi keyboard perangkat keras Android O dengan cara yang berarti, yakinlah bahwa Google berupaya mengenalkan standar yang dapat diprediksi untuk apa tombol tab dan panah saat keyboard fisik digunakan untuk menavigasi Android.

Kami memerlukan dukungan keyboard perangkat keras agar Chromebook dapat mengakses aplikasi Google Play.

Sumber tak diketahui

Menambahkan aplikasi dari mana saja di luar Google Play biasanya hanya mengharuskan Anda menekan setelan keamanan dan mengaktifkan Sumber Tak Diketahui. Tapi di Android O hal bisa terangkat. Anda sekarang juga harus memberikan izin ke aplikasi yang Anda gunakan untuk mengunduh APK.

Misalnya, jika Anda ingin mengunduh APK melalui Chrome, pertama-tama Anda akan diminta memberi izin kepada Chrome untuk memasang aplikasi lain melalui tombol "aplikasi kepercayaan dari sumber ini" di bagian akses khusus pada setelan aplikasi dan notifikasi. Anda hanya perlu melakukan ini sekali per aplikasi namun dan Anda selalu dapat mencabut izin di kemudian hari.


Batas proses latar belakang

Android O akan sangat membatasi proses latar belakang ke jendela aktivitas intermiten.

Google telah mengoptimalkan Android lebih dan lebih akhir-akhir ini untuk membatasi jumlah pengurasan baterai dan penggunaan sumber daya yang diizinkan dilakukan aplikasi di latar belakang. Seperti yang telah kita lihat akhir-akhir ini, pengguna tingkat lanjut akan memiliki kontrol atas pengecualian terhadap peraturan ini, namun pada umumnya, Android O akan sangat membatasi proses latar belakang ke jendela aktivitas intermiten yang dikendalikan oleh penjadwal pekerjaan.

Ikon adaptif

Ikon adaptif adalah cara yang bagus untuk mengatakan bahwa Google berupaya merapikan kekacauan ikon aplikasi yang tidak konsisten di Android. Mereka pada dasarnya menyediakan pengembang aplikasi dengan berbagai bentuk template untuk setiap ikon yang sesuai dengan perangkat yang mereka tampilkan. Jadi jika bentuk ikon aplikasi default untuk ponsel Anda adalah kotak bulat maka itulah yang akan Anda lihat di seluruh papan. Rock a Pixel dengan ikon melingkar dan Anda tidak akan lagi melihat ikon persegi aneh bercampur dengan semua yang bundar. Pada catatan itu, tombol nav berubah dari putih menjadi hitam saat membuka laci aplikasi sekarang juga.

API IsiOtomatis

API IsiOtomatis yang diperkenalkan dengan Android O hanya mencoba membantu aplikasi mengelola kata sandi dan membuat data lebih baik daripada versi Android sebelumnya. Seperti yang dicatat Google di pos blognya, "Pengguna dapat memilih aplikasi isi-otomatis, mirip dengan cara mereka memilih aplikasi keyboard. Aplikasi autofill menyimpan dan mengamankan data pengguna, seperti alamat, nama pengguna, dan bahkan kata sandi ". Kita harus menunggu sebentar sampai pengembang aplikasi memanfaatkan sepenuhnya API IsiOtomatis di Android O, namun kita harus melihat manajer kata kunci yang jauh lebih cakap di masa mendatang.

Gamut warna yang lebih luas untuk aplikasi

Pengembang Android sekarang dapat memanfaatkan perangkat yang memiliki tampilan layar lebar yang lebar.

Android O menambahkan dukungan untuk "warna gamut lebar untuk aplikasi" yang sangat mirip dengan dukungan HDR asli namun sebenarnya hanyalah palet yang lebih besar dari warna yang didukung untuk pengembang aplikasi.

Seperti yang dicatat Google di posting blog, "pengembang aplikasi imaging Android sekarang dapat memanfaatkan perangkat baru yang memiliki layar yang lebar dan lebar. Untuk menampilkan gambar gamut yang lebar, aplikasi perlu mengaktifkan bendera di manifes (per aktivitas) dan memuat bitmap dengan profil warna lebar tertanam (AdobeRGB, Pro Photo RGB, DCI-P3, dsb.)".


Layakkah digunakan sehari-hari?

Pertanyaan pertama di bibir semua orang adalah apakah developer preview Android O layak digunakan sehari-hari. Dalam build alfa pertama ditemukan sedikit masalah, tapi agak terlalu dini untuk mengatakan seberapa stabil preview kedua.

Jika Anda memiliki ponsel cadangan yang memiliki factory image untuk Android O, maka benar-benar, flash ponsel tersebut dan siapkan untuk Anda sendiri. Tapi saya tidak menyarankan flash ini pada perangkat utama Anda karena ini masih jauh dari rilis publik yang stabil dan karena itu hal-hal akan rusak di suatu tempat atau lainnya. Hanya karena saya belum pernah menemui mereka, bukan berarti ini adalah taruhan yang bagus untuk telepon yang Anda gunakan sehari-hari.


Kesimpulan

Dari apa yang bisa kita lihat sejauh ini, Android O berkembang sangat mengikuti jejak Nougat, menyelesaikan beberapa pekerjaan yang dimulai di Nougat dan selanjutnya memperkuat sifat kontrol yang terperinci di Android. Pemberitahuan dan pengelolaan izin yang dihadapi pengguna lebih baik daripada sebelumnya dan Android sendiri mengambil sikap yang lebih agresif terhadap aplikasi yang memperlakukan sumber daya sistem yang berharga dengan meninggalkan sembrono.

Android O melengkapi beberapa pekerjaan yang dimulai di Nougat dan selanjutnya memperkuat sifat kontrol yang terperinci di Android.

Selain tampaknya memiliki seluruh tim yang tugasnya untuk terus-menerus menghasilkan cara baru untuk mengelompokkan beberapa hal di menu Setelan, ada sedikit perubahan dangkal di sini. Mengikuti tahap periferal Android berikutnya jelas merupakan fokus juga, dengan dukungan yang lebih baik untuk keyboard audio dan perangkat keras Bluetooth. Tapi Android O juga mengejar banyak hal yang telah kami tunggu-tunggu, dari ikon adaptif, ke API IsiOtomatis, mode gambar-dalam-gambar, lencana aplikasi dan nav bar tweak.

Developer preview pertama dan kedua biasanya paling kaya fitur, dengan hanya beberapa tambahan penting dalam preview berikutnya namun pengurangan lebih banyak karena Google mendapat pegangan pada apa yang mungkin tersisa pada waktu yang tersisa dan di mana memprioritaskan upayanya. Saya berharap tema gelap sistem secara keseluruhan membuat cut kali ini, namun seperti yang mungkin Anda lihat, sebagian besar perubahan yang dimiliki Android O ada di berbagai latar belakang.

Anda pernah menge-flash Android O? Apa yang pertama Anda pikirkan?

Sumber: http://www.androidauthority.com/android-8-0-review-758783/

COMMENTS

Nama

Android,5,Aplikasi Android,4,Berita,2,Film,1,Game,7,Godot Engine,3,Internet Gratis,2,Musik,5,Pelajaran,6,Sejarah,6,Software,11,Software Windows,10,Teknologi,5,Windows,3,
ltr
item
SatuPiksel - Software, Komputer, & Internet: Semua yang Baru di Android O: Fitur dan Perubahan
Semua yang Baru di Android O: Fitur dan Perubahan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgz3JbgRLT_nxdhvJJ6YRhs0lOq8AXRP725Qkb8liEPG2nLMAz8WmZDMXHwp2N9odJXlziVjYbBhKyqV1Pa44TBhC5l8jFX8i74KDOS-OJPQxtzi0KsKvuDtkP2rjWe_2QHUyO-oAeN2F0/s1600/androido.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgz3JbgRLT_nxdhvJJ6YRhs0lOq8AXRP725Qkb8liEPG2nLMAz8WmZDMXHwp2N9odJXlziVjYbBhKyqV1Pa44TBhC5l8jFX8i74KDOS-OJPQxtzi0KsKvuDtkP2rjWe_2QHUyO-oAeN2F0/s72-c/androido.jpg
SatuPiksel - Software, Komputer, & Internet
https://satupiksel.blogspot.com/2017/05/fitur-baru-dan-perubahan-android-o.html
https://satupiksel.blogspot.com/
https://satupiksel.blogspot.com/
https://satupiksel.blogspot.com/2017/05/fitur-baru-dan-perubahan-android-o.html
true
7237401354705237021
UTF-8
Semua Posting Termuat Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTING Lihat Semua DISARANKAN UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA POSTING Tidak ditemukan posting apapun yang cocok permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI PREMIUM Silakan bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C dengan Mac) untuk menyalin